Editorial Policies

Focus and Scope

Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil penelitian teologi, misiologi, dan Pendidikan Agama Kristen dengan nomor ISSN: 2684-8724 (print) dan e-issn: 2685-0923 (online) yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi Excelsius dengan lingkup kajian penelitian adalah:

  1. Teologi Biblikal (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru)
  2. Teologi Sistematika dengan pendekatan non-doktrinal
  3. Teologi dan Kontekstual
  4. Teologi Pastoral dan Etika Pelayanan Gerejawi
  5. Teologi dan Etika Kontemporer
  6. Misiologi Biblikal dan Praktikal
  7. Pendidikan Kristiani dalam Gereja, Keluarga, dan Sekolah

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Book Review

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap artikel yang masuk akan melalui seleksi terlebih dahulu oleh Dewan Editor. Selanjutnya artikel dikirimkan kepada reviewer untuk di review. Proses review yang dilakukan adalah double blind review, di mana baik author maupun reviewer tidak saling mengetahui identitas masing-masing. Mitra Bestari/ Reviewer akan menilai setiap naskah dari aspek isi dan tekniknya. Setelah melalui proses review artikel akan dikembalikan kepada author untuk direvisi. Proses ini akan memakan waktu maksimal 30 hari. Para reviewer yang bekerjasama dengan Jurnal Excelsis Deo adalah para ahli pada bidang ilmu Teologi, Misiologi, dan Pendidikan. Keputusan akhir diterima atau tidak naskah tersebut berada di tangan Dewan Editor.

 

Publication Frequency

Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan terbit 1 tahun 2 kali (1 Volume dengan 2 Nomor) pada bulan Desember (Ganjil) dan Juni (Genap)

 

Open Access Policy


Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethics

Berikut ini adalah pernyataan etika untuk jurnal Excelsis Deo yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi Excelsius. Pernyataan ini diadaptasi dari prinsip-prinsip Komite Etika Publikasi (COPE) dan termasuk kode etik untuk Editor in Chief, Assosiate Editor, Editor Board, reviewer dan author.

Artikel-artikel yang diterbitkan di jurnal Excelsis Deo merupakan fondasi dasar yang penting dalam pengembangan jaringan ilmu pengetahuan secara koheren, dihormati dan berintegritas tentang pendidikan sebagai cerminan langsung dari kualitas penulis dan institusi. Maka dari itu, penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan agar semua pihak dapat terlibat dalam produksi penerbitan: penulis, editor jurnal, peninjau sejawat, penerbit dan masyarakat. Editor Jurnal Excelsis Deo berkomitmen untuk menjamin bahwa semua prosedur diarahkan hanya untuk memfasilitasi perlakuan yang objektif dan intelektual. Para editor dan reviewer mengevaluasi naskah tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau kepentingan politik dan kelompok tertentu. Sebuah perangkat lunak digunakan untuk menghindari plagiarisme dari artikel-artikel yang hendak dipublish.

 

Duties of Author

  1. Author memiliki tanggung jawab dan harus memastikan bahwa hanya karya baru dan asli yang diserahkan kepada Jurnal Excelsis Deo
  2. Excelsis Deo mentolerasi plagiasi naskah (artikel) maksimal 20% dari semua jumlah kata dalam artikel tersebut.
  3. Author tidak boleh menyerahkan karya yang pernah diterbitkan di jurnal lain  dan mengirimkan artikel yang sama apabila sedang ditinjau atau dipertimbangkan oleh Jurnal Excelsis Deo ke jurnal lain secara bersamaan.
  4. Author wajib mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat karya yang dilaporkan.
  5. Author hanya diperbolehkan untuk menerbitkan karya mereka di jurnal lain apabila sudah menerima penolakan resmi dari jurnal atau jika permintaan mereka untuk menarik karya mereka secara resmi telah diterima oleh jurnal.
  6. Author wajib memberi tahu Editor in Chief atau penerbit tentang alasan mengenai segala ketidakakuratan data dalam karya mereka yang diterbitkan sehingga dapat koreksi atau pencabutan artikel dapat dilakukan.
  7. Author wajib melaksanakan kontribusi scara signifikan dan bertanggung jawab atas segala kekurangan dalam pekerjaan mereka.

 

Duties of Reviewers (meninjau)

  1. Reviewer wajib mengungkapkan kesiapan sebelum menyetujui untuk meninjau kiriman naskah.
  2. Reviewer dapat menolak untuk meninjau pengajuan apa pun karena konflik kepentingan atau pengetahuan yang tidak memadai.
  3. Reviewer meninjau secara objektif, adil, dan profesional.
  4. Reviewer mengungkapkan setiap pelanggaran etika yang ditemukan pada saat meninjau ke Editor in Chief untuk tindakan lebih lanjut.
  5. Reviewer wajib memperhatikan, memastikan keaslian pengajuan, dan  waspada terhadap segala plagiarisme dan publikasi yang berlebihan.
  6. Reviewer tidak boleh membahas konten kiriman tanpa izin di luar peninjauan.
  7. Reviewer mematuhi waktu yang dialokasikan untuk proses peninjauan.

 

Duties of Editor Board

  1. Editor Board aktif berkontribusi untuk pengembangan dan kebaikan jurnal.
  2. Editor Board bertindak sebagai duta jurnal.
  3. Editor Board terus membantu dalam mendukung dan mempromosikan jurnal.
  4. Editor Board meninjau pekerjaan apa pun yang ditugaskan untuk mereka.

 

Duties of Editor in Chief

  1. Editor in Chief mengevaluasi naskah dengan adil dan berdasarkan kemampuan intelektual mereka.
  2. Editor in Chief memastikan kerahasiaan manuskrip secara aman dan tidak memberitakan informasi apa pun. mengenai manuskrip kepada siapa pun selain orang yang terlibat dalam proses penerbitan.
  3. Editor in Chief bertanggung jawab untuk memutuskan kapan dan artikel mana yang akan diterbitkan.
  4. Editor in Chief secara aktif melihat setiap pandangan Editor Board, Reviewer dan Author tentang cara meningkatkan visibilitas jurnal.
  5. Editor in Chief memberikan instruksi secara jelas kepada kontributor potensial pada proses pengiriman dan apa yang diharapkan  dari penulis.
  6. Editor in Chief memilih reviewer yang pakar di bidangnya untuk proses peninjauan naskah yang masuk ke Jurnal Excelsis Deo.

 

 

Author Fees

Jurnal ini memungut biaya sebagai berikut:

  • Submit artikel: Rp. 0,-
  • Publikasi artikel: Rp. 0,-